Jumat, 09 November 2012

AKU 'Menggugat" CSR

Malam ini Metro TV membahasa tentang CSR:
saya sebenarnya dari dulu selalu bertanya, sejak saya kenal namanya CSR (Corporate Social Responsibility), atau wujud kepedulian sebuah perusahaan terhadap warga sekitar, tentu dengan kadar kemampuan perusahaan, serta kondisi masyarakat setempat.

sebagai anak yang di besarkan di Daerah Bone, tepatnya di Kec Mare, yang bebatasan langsung dengan Kec Cina yang mana terletak Pabrik Gula kalau gak salah PTPN XI, meskipun letak pabri

knya tidak berada tepat di Kecamatan saya, namun lahannya yang ribuan hektar banyak terdapat di Kecamatan saya, bahkan didepan rumah membentang luas lahan tebu milik PTPN, namun sampai saat ini saya tidak pernah sekalipun mendengar bahwa ada program CSR dari perusahaan tersebut, baik untuk Petani, begithu juga tentang Pendidikan.

sekedar analisa bodoh, ini mungkin bisa disebabkan dengan beberapa faktor diantaranya: kurang tahunya masyarakat tentang Program CSR sebagai program Wajib sebuah perusahaan, atau sikap acuh yang tak mau tahu. :(

dari pantauan saya, justru perusahaan ini mencemari sungai-sungai warga, ini disebabkan karena limbah pabrik dialirkan kesungai, meskipun berkali-kali warga telah diadukan. yang paling parah adalah adalah aroma menyengat yang dikeluarkan dari ampas tebu, hingga tercium berkilo-kilo meter jauhnya, hemmm jadi bayangkan ajha gimana rasanya kalo bermukim disekitar pabrik tersebut.

Jalan akses menuju Pabrik juga tidak baik, padahal disekitar Pabrik itu dihuni Ribuan KK, yang setiap harinya mengakses jalan menuju Kecamatan.

hal ini mungkin juga terjadi di Kecamatan Libureng Kabupaten Bone, yang mana juga terdapat satu pabrik tebu milik PTPN,

ini salahsatu kelebihan Kabupaten Bone selain menjadi Kabupaten Terluas di Sulawesi Selatan, juga memiliki 2 Pabrik Tebu.......

jadi jangan heran kalau ada anekdot yang mengatakan ORANG BONE ITU ADALAH ORANG YANG PALING MANIS, ......karena meliki 2 Pabrik Gula :)

Kegalauan ANAK BONE :)
                                                                                            Makassar 9 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar